Program Penulisan Naskah Audio
1. KELOMPOK PROGRAM : PPAP SEJARAH
2. JUDUL : JANGAN KUASAI INDONESIA
3. TOPIK : PERJUANGAN MELAWAN
PENJAJAHAN DAN PERGERAKAN NASIONAL INDONESIA
4. NOMOR PROGRM :
5. KOMPETENSI :KEMAMPUAN MEMAHAMI
PERJUANGAN PARA TOKOH DALAM MELAWAN PENJAJAH DAN TOKOH PERGERAKAN.
6. INDIKATOR : 1) MENYEBUTKAN FAKTA TENTANG
PENDARATAN DAN PENDUDUKAN JEPANG DI
INDONESIA, 2) MENJELASKAN USAHA-USAHA JEPANG MEMIKAT BANGSA INDONESIA, 3) MENJELASKAN BERBAGAI ORGANISASI MILITER YANG DIBENTUK JEPANG, 4) MENYEBUTKAN TOKOH-TOKOH YANG MEMIMPIN PUTERA, 5) MENJELASKAN TUJUAN DIBENTUKNYA PUTERA
7. MATA PELAJARAN : IPS SEJARAH
8. SASARAN : SISWA KELAS V SD
9. DURASI : 18 MENIT
10. PENULIS : WILLYA YUNIARTI
11. PENGKAJI MEDIA :
12. PENGKAJI MATERI :
13. PRODUKSI : TP UNY
14. MUSIK : 1. ID’S TP UNY
2. MUSIK PROGRAM
3. TRANSISI
15. SOUND EFFECT : 1. SUARA KERAMAIAN ANAK-ANAK
2. SUARA TEPUK TANGAN
3. SUARA BEL PULANG SEKOLAH
4. SUARA BURUNG BERKICAU
5. SUARA KAKI BERJALAN.
16. PELAKU :
NO | NAMA PELAKU | SIFAT/WATAK |
1 | Guru | Sabar, baik, suka menasehati |
2 | Raka | Baik, suka mengejek |
3 | Bella | Baik, sabar, pintar, memiliki rasa ingin tahu yang tinggi |
4 | Anisa | Suka iseng, jail, suka mengejek |
SINOPSIS
Seusainya istirahat sekolah, anak-anak masuk ke dalam kelas. Suasana masih riuh dan ramai, guru masuk mencoba untuk mendiamkannya. Dengan memberikan suatu sindiran halus dan motivasi untuk mendengarkan cerita dari gurunya, akhirnya mereka diam dan penasaran dengan apa yang ingin diceritakan gurunya tersebut. Setelah suasana cukup tenang, guru pun memulai cerita mengenai sejarah pendudukan Jepang di Indonesia. Siswa-siswa yang mulai tertarik makin serius mendengarkan gurunya, mereka mengajukan petanyaan-pertanyaan gurupun merasa senang karena hal tersebut akan memperluas pengetahuan mereka. Akan tetapi, ada juga anak yang selalu iseng dan jail yang dapat mengacaukan perhatian mereka atas pertanyaan yang diajukan. Meskipun demikian guru mampu untuk mengatasinya.
Di akhir penjelasan guru memberikan tugas rumah, yang nantinya akan mengasah kemampuan siswa untuk membaca dan mencari sumber materi yang berhubungan dengan apa telah disampaikan sebelumnya.
TREATMENT
1. MUSIK PROGRAM
2. SOUND EFFECT SUARA KERAMAIAN ANAK-ANAK
3. Percakapan awal sebagai pembuka
4. ID’S PROGRAM
5. Narator mengawali program dengan mengucapkan selamat datang, judul program dan tujuan dari program
6. Segmen I : guru menceritakan tentang pendaratan dan pendudukan Jepang di Indonesia serta tujuannya. Selain itu, guru juga menceritakan upaya-upaya yang dilakukan Jepang untuk memikat bangsa Indonesia
7. MUSIK TRANSISI
8. Narator mengulang singkat isi dari percakapan dan memberikan kesimpulan
9. MUSIK TRANSISI
10. Segmen II : tiga siswa, yakni Raka, Bella, dan Anisa yang membahas tentang organisasi-organisasi militer bentukan Jepang
11. MUSIK TRANSISI
12. Narator memberikan kesimpulan atas percakapan tiga siswa tersebut
13. ID’S PROGRAM
14. Narator menutup program
15. MUSIK PROGRAM
NO | PELAKU/MUSIK/SUARA | KALIMAT/MUSIK/SOUND EFFECT |
1 | MUSIK | ID’S TP UNY |
2 | SFX | SUARA KERAMAIAN ANAK-ANAK |
3 | GURU | Aduh..aduh, suara kalian merdu sekali sih.. |
4 | SISWA | Mau konser Bu... |
5 | SISWA | Paduan suara kan segera dimulai Bu.. hehe |
6 | MUSIK | ID’S PROGRAM |
7 | NARATOR | Sobat pintar, selamat datang pada program pembelajaran Ilmu Pengetahan Sosial untuk Sekolah Dasar kali ini dengan judul “Jangan Kuasai Indonesia”. Dengan program ini sobat pintar akan mengetahui bagaimana perjuangan para tokoh dalam melawan penjajah dan tokoh pergerakan. Mari kita ikuti bersama. |
8 | GURU | Aduh..aduh, suara kalian merdu sekali sih.. |
9 | SISWA | Mau konser Bu... |
10 | SISWA | Paduan suara kan segera dimulai Bu.. hehe |
11 | GURU | Hmm,,(MENGHELA NAFAS) kalian mau konser apa mau dengar cerita bu guru? |
12 | BELLA | Cerita tentang apa bu? |
13 | GURU | Cerita menarik tentang sejarah,, kalian pasti suka. Sayang sekali lho kalau dilewatkan. |
14 | RAKA | Sssttttt,,, hayo diam semua.! Siapa yang tidak diam nanti aku pukul.. |
15 | SISWA | Wah.. pak ketua marah.. awas bahaya ini (MENGEJEK). Iya,nanti kalau ngamuk seperti singa... hahaaha |
16 | GURU | Sudah..sudah... kalian ini malah ribut sendiri. Raka, kamu lain kali jangan begitu. |
17 | RAKA | Iya Bu, maaf. Tadi cuma menyuruh teman-teman diam. |
18 | GURU | Ya sudah,, Nah anak-anak, kali ini ibu akan menceritakan kepada kalian tentang pendudukan Jepang di Indonesia. |
19 | BELLA | Bu... apa orang Jepang dulu pernah tinggal di Indonesia? Kapan? Dan tinggal dimana? |
20 | ANISA | Tinggal di rumah ku Bel... aku suruh ngepel tuh orang Jepang. |
21 | BELLA | Hahh (KAGET),,apa iya?? |
22 | ANISA | He’em... kenapa tidak percaya ya? |
23 | RAKA | Jangan percaya sama Nisa,,dia kan suka iseng. Jangan-jangan dia yang disuruh ngepel sama orang Jepang... hhahaha (MENGEJEK). |
24 | BELLA | Ahh,kalian ini bercanda mulu.. aku ‘kan lagi serius dengerin bu guru. |
25 | ANISA | Idich,gitu aja marah. Tambah cantik lho nanti. |
26 | RAKA | Hahaha, itu kan karena kamu Nis.. Bu... apa tujuan orang Jepang itu di Indonesia? Berlibur ya? |
27 | GURU | Hhmmmm,,lain kali kalau ada yang tanya di dengarkan ya, kalau bisa di jawab.. jangan malah ribut sendiri seperti tadi. Baiklah, ibu akan menceritakan pada kalian. Benar apa yang dikatakan Bella, Jepang memang pernah tinggal di Indonesia, pertama kali mendarat tanggal 12 Januari 1942 tepatnya di Tarakan, Kalimantan Timur dan selanjutnya ke Balikpapan. Maksud kedatangan Jepang ke Indonesia yakni ingin membebaskan Asia dari penjajahan-penjajahan negara Barat. |
28 | RAKA | Berarti Jepang membantu kita dalam perang melawan sekutu ya Bu? |
29 | GURU | Tidak juga,, itu semua hanyalah kebohongan yang dibuat Jepang, karena kenyataannya Jepang tidak pernah membantu Indonesia. Bahkan sebenarnya yang menjadi tujuan Jepang datang ke Indonesia adalah ingin menjadikan Asia sebagai kesatuan wilayah di bawah pimpinannya. |
30 | BELLA | Maksudnya Jepang ingin menjadi pemimpin negara Indonesia Bu? Apakah keinginannya itu dapat tercapai? |
31 | GURU | Benar,,. Tentu saja tercapai, terbukti pada tanggal 1 Maret 1942 tentara Jepang mulai menguasai Pulau Jawa yaitu pantai Eretan, Indramayu. Selain itu Subang, Kalijati, Jawa Barat juga berhasil dikuasai Jepang. |
32 | RAKA | Kok bisa begitu bu? (BINGUNG). Apa yang dilakukan jepang sehingga mudah menguasai Jawa? |
33 | GURU | Itu karena Jepang melakukan suatu usaha atau upaya untuk memikat hati rakyat Indonesia, salah satunya adalah dengan melakukan propaganda. |
34 | BELLA | Propaganda?? Apa itu maksudnya? |
35 | GURU | Dengan menyebarkan suatu pesan yang terlebih dahulu telah direncanakan, secara sistematis untuk mempengaruhi seseorang atau bangsa untuk melakukan kegiatan tertentu. |
36 | ANISA | Jadi, seperti mau memberikan iming-iming kepada orang lain ya bu? |
37 | RAKA | Betul,, seperti kamu yang selalu diimingi-imingi hadiah kalau mendapat nilai bagus.. tapi kenyataannya tidak pernah kan?haha |
38 | ANISA | Ehh,,ngejek..!! ya pernah lah. Aku kan pintar, jadi selalu mendapat nilai bagus. |
39 | RAKA | Masa sih? Tapi tidak pernah bisa ngalahin aku kan? |
40 | BELLA | Raka, tidak usah sombong gitu ah... yang punya nilai tertinggi diam aja kok.. (MENYINDIR) |
41 | ANISA | Hahaaha.. benar kata Bella,,, kasihan deh kamu Raka.! |
42 | GURU | Aduh,aduh.. kalian bertiga ini tidak bosan-bosannya saling mengejek satu sama lain. Semua anak-anak ibu ini pintar, asalkan rajin rajin belajar dan tidak kebanyakan bermain. |
43 | SISWA | Iya bu.... siap.! |
44 | BELLA | Lalu bagaimana cara Jepang melakukan propaganda tersebut? Apakah dengan di iming-imingi juga bu? |
45 | GURU | Iya, dengan mengatakan bahwa Jepang mengadakan peperangan di Asia tujuannya adalah ingin membebaskan Asia dari penjajahan negara Barat. Propaganda Jepang itu terkenal dengan sebutan 3A. Hayo siapa yang tahu apa itu 3A? |
46 | SISWA | Haduh,, ap ya? Kamu tau gak? |
47 | SFX | SUARA ANAK-ANAK BERDISKUSI |
48 | ANISA | Ayo, Bella... kamu pasti tau...kan pintar,, |
49 | BELLA | Hmmm,,, kalau tidak salah Jepang Pemimpin Asia, Jepang Pelindung Asia, Jepang Cahaya Asia... |
50 | GURU | Tepat sekali,, benar yang dikatakan Bella. Kita beri tepuk tangan. |
51 | SFX | SUARA TEPUK TANGAN |
52 | RAKA | Wuihh,,,hebat kamu Bel... |
53 | ANISA | Lalu apa maksud dari pemimpin, pelindung, dan cahaya Asia itu Bu? |
54 | GURU | Hmm,,, Jepang tersebut telah dianggap sebagai kakak dari bangsa Indonesia, sehingga layaknya seorang kakak harus menjaga atau melindungi adik-adiknya, memimpin dan memberi contoh yang baik. Akan tetapi, kenyataannya Jepang tidak seperti itu. |
55 | ANISA | Lalu seperti apa Bu? Apakah selalu melakukan penyiksaan terhadap bangsa Indonesia? |
56 | GURU | Benar,, semua yang dikatakan Jepang tidaklah sesuai dengan kenyataan. Jepang melakukan tindakan yang semena-mena terhadap bangsa. Selain itu, Jepang juga banyak memeras tenaga rakyat untuk bekerja secara paksa, sehingga menimbulkan penderitaan yang berat bagi bangsa Indonesia. |
57 | RAKA | Kejam sekali Jepang..!! kalau dulu aku sudah ada pasti aku gak mau disuruh seperti itu dan akan aku hajar semua orang Jepang itu. |
58 | ANISA | Iya,,benar.. aku juga ikut menghajarnya. Aku dukung kamu Raka... |
59 | GURU | Ahhh,,,sudah-sudah.. jangan emosi begitu. Bangsa Indonesia dulu juga cukup pintar.. terbukti gerakan 3A tersebut tidak mendapat simpati dari rakyat, sehingga gerakan tersebut dibubarkan. |
60 | BELLA | Kalau cara tersebut tidak berhasil dan dibubarkan, lalu apa yang selanjutnya dilakukan Jepang Bu? |
61 | GURU | Pada tanggal 1 Maret 1943, Jepang mendirikan Pusat Tenaga Rakyat (Putera) untuk mendapat dukungan dari rakyat Indonesia. |
62 | ANISA | Siapa yang menjadi anggotanya Bu? Dan apa tugas Putera itu? |
63 | GURU | Jepang sengaja memilih pemimpin Putera dari tokoh Indonesia, seperti Ir. Soekarno, Drs. Moh. Hatta, K.H. Mas Mansyur, dan Ki Hajar Dewantara. Tugas Putera adalah menghapus pengaruh Barat, mempertahankan Asia Raya, dan menyebarluaskan bahasa Jepang. |
64 | BELLA | Bukankah itu tokoh-tokoh penting untuk Indonesia ya? Kok mau bekerjasama dengan Jepang, yang ingin merebut negara tercinta ini? |
65 | ANISA | Karena tokoh Indonesia itu pintar, sehingga mempunyai maksud lain.. iya kan Bu? |
66 | GURU | Iya benar sekali,, para pemimpin nasional itu memanfaatkan Putera untuk membangkitkan semangat nasionalisme. Lama-kelamaan perkembangan Putera tidak menguntungkan bagi Jepang, sehingga Jepang membentuk organisasi baru. |
67 | RAKA | Organisasi apa Bu? Dan apa tujuannya organisasi tersebut? |
68 | GURU | Tahun 1942 mendirikan Jawa Hokokai (Perhimpunan Kebangkitan Jawa) dipimpin oleh para pejabat pemerintahan Jepang. Jawa Hokokai bertugas menghimpun tenaga rakyat untuk dijadikan pekerja paksa (romusha) seperti apa yang telah ibu jelaskan tadi. . |
69 | BELLA | Jadi,, Jepang memanfaatkan tenaga rakyat untuk bekerja secara paksa? Bekerja apa Bu? |
70 | GURU | Benar, rakyat dipaksa untuk menanam pohon jarak yang digunakan untuk bahan baku minyak pelumas yang hasilnya diserahkan kepada pemerintahan Jepang. |
71 | ANISA | Wah,, berarti Jepang memang benar-benar curang. Jahat terhadap rakyat Indonesia.! Harus dilawan itu... |
72 | SFX | BEL PULANG SEKOLAH BERBUNYI |
73 | GURU | Sudah...sudah... bel sudah berbunyi. Besok kita lanjutkan lagi. Dan untuk tugas dirumah ibu meminta kalian mencari organisasi militer bentukan Jepang. Minggu depan kita bahas bersama. |
74 | SISWA | (SEREMPAK) iya Bu....!! |
75 | MUSIK | TRANSISI |
76 | NARATOR | Sobat pintar, telah kita dengarkan percakapan siswa dan guru tentang pendaratan dan pendudukan Jepang di Indonesia, beserta usaha-usaha yang dilakukan Jepang untuk memikat bangsa Indonesia. Jepang memang memiliki kekuatan yang sangat besar untuk menguasai kawasan Asia. Akan tetapi bangsa Indonesia tidak hanya diam atas apa yang dilakukan Jepang. Untuk mengetahui organisasi apa yang dibentuk Jepang dalam menghadapi sekutu, marilah kita ikuti percakapan berikut ini. |
77 | MUSIK | TRANSISI |
78 | SFX | SUARA BURUNG BERKICAU DAN SUARA KAKI BERJALAN |
79 | ANISA | Bella... bella,,, (OFF MIKE) kami berdua datang.... |
80 | RAKA | Sstttt,,,kamu ini datang ke rumah orang kok teriak-teriak. |
81 | ANISA | Hehehe.. biarkan saja,, sudah terbiasa. |
82 | RAKA | Yee,,kan gak sopan kalau seperti itu... kamu ini dinasehati kok kayak gitu. |
83 | ANISA | Iya,,ya... maaf..! |
84 | BELLA | Hey,, ayo masuk. Bagaimana kalian sudah cari tugasnya? Kalau sudah ayo kita gabung materinya, tentang organisasi militer bentukan Jepang kan? |
85 | ANISA | iya,,tapi aku belum dapat.. aku belum punya bukunya. |
86 | RAKA | Huuu... dasar malas. Bagaimana mau rajin membaca kalau buku aja gak punya. |
87 | BELLA | Ya sudah, tidak apa-apa. Aku dapat 2 kok.. kamu Raka?coba bacakan, nanti aku catat.. |
88 | RAKA | Dapat dong,, organisasi ini namanya Seinindan, di bentuk tanggal 29 April 1943. Anggotanya berusia antara 14-22 tahun. |
89 | BELLA | Seinindan itu seperti apa? Dan apa tujuan dibentuknya Seinindan itu? |
90 | RAKA | Seinindan merupakan barisan pemuda, tujuannya untuk mendidik dan melatih para pemuda agar dapat mempertahankan tanah airnya dengan kekuatan sendiri. Akan tetapi Jepang mempunyai maksud lain dari organisasi ini. |
91 | ANISA | Maksudnya bagaimana? |
92 | RAKA | Jepang membentuk Seinindan untuk mempersiapkan pemuda Indonesia yang terlatih dalam menghadapi serangan sekutu. |
93 | ANISA | Jadi,, Jepang memanfaatkan pemuda-pemuda Indonesia untuk dilatih dalam bidang militer sebagai calon tenaga bantuan untuk menghadapi sukutu? |
94 | BELLA | Iya, memang benar.. kalau menurutku semua organisasi militer bentukan Jepang bertujuan untuk membantunya dalam peperangan. Tapi selain itu juga memberikan keuntungan bagi bangsa Indonesia. |
95 | ANISA | Apa untungnya? Bukankah Jepang telah melakukan penjajahan secara militer? |
96 | BELLA | Iya juga sih... tapi dengan organisasi militer bentukan Jepang ini akan melatih tenaga pemuda Indonesia untuk belajar bagaimana cara berperang dan menghadapi sekutu. Seenggaknya mereka telah memiliki bekal pengetahuan. |
97 | RAKA | Ya,, setuju dengan Bella.. terus kamu menemukan organisasi apa Bel? |
98 | BELLA | Oh iya... aku menemukan Keibondan dan Heiho. |
99 | RAKA | Apa itu Keibondan dan Heiho? |
100 | ANISA | Ya ampun... Bondan dan Hello itu lho,, yang lagunya ya sudahlah dan ular berbisa.... masa gak tahu?? |
101 | RAKA | Hehh, ngawur kamu.! Kalau itu sih aku tahu... kan lagu favoritku... |
102 | ANISA | Hahahaa... cocok sama lagunya,, kamu kan ular berbisa.! (MENGEJEK) |
103 | RAKA | Enak saja, kamu itu yang ular berbisa... mulutnya beracun,sering ngejek orang. |
104 | BELLA | Aduh, kalian berdua lucu deh.. sampai buatku tertawa melihat kalian saling mengejek.. dilanjutin tidak nih? |
105 | ANISA | Aku memang lucu Bel,, ahh imut-imut lagi... kalau gak ada aku, kalian pasti gak bisa tertawa dan serius mengerjakan tugas. |
106 | RAKA | Ahh,sudah.. aku gak mau lagi dengerin kamu ngoceh... ayo Bel,jelasin yang tadi.. |
107 | BELLA | Hahaha.... sudah Nis, omongan Raka jangan dimasukin hati. Baiklah aku kan jelasin.. keibondan itu adalah barisan polisi, dan heiho itu kesatuan pembantu angkatan laut dan angkatan darat Jepang. |
108 | RAKA | Apakah ada syarat khusus untuk masuk ke organisasi itu? |
109 | BELLA | Kalau keibondan syaratnya pemuda dewasa dan berusia 23-35 tahun. Heiho adalah pemuda berusia 18-25 tahun dan sehat jasmani dan rohani karena tenaga bantuan ini kan maju ke medan perang. |
110 | RAKA | Oh... ok,,sudah aku catat semua... organisasi militer bentukan Jepang adalah Seinindan, Keibondan, dan Heiho.. |
111 | BELLA | Sipp... berarti tinggal dikumpul besok.. |
112 | RAKA | Oke... |
113 | MUSIK | TRANSISI |
114 | NARATOR | Sobat pintar, telah kita dengarkan pembahasan mengenai organisasi militer bentukan Jepang. Organisasi tersebut diantaranya Seinindan (barisan pemuda), Keibondan (barisan polisi), dan Heiho (pembantu angkatan laut dan angkatan darat). Organisasi tersebut dibentuk untuk melatih barisan pemuda dalalam bidang militer yang akan membantu Jepang melawan sekutu. |
114 | MUSIK | ID’S TP UNY |
115 | NARATOR | Sobat pintar, demikianlah tadi kita sudah mendengarkan program audio ini. Sampai disini perjumpaan kita hari ini. Sampai berjumpa lagi dalam program audio di lain kesempatan. |
116 | MUSIK | ID’S TP UNY |
BGUS BNGET BLOGNYA
BalasHapushhaha... yg buat cp yaa??
BalasHapus